Eko Hadi Prasetiyono

Januari 22, 2011

Gesit.. salah satu tempat belajar menulis.

Filed under: Ide yang baru muncul — ekohadip @ 1:33 p

Warga SMA Negeri 1 Pare tentu sudah tahu betul apa itu Gesit. Sekedar informasi bagi yang belum mengetahui apa itu Gesit, Gesit adalah buletin sekolah. Keberadaan Gesit sebagai sarana informasi bagi keluarga besar SMA Negeri 1 Pare dan juga sebagai sarana untuk berlatih bagi siswa untuk menuangkan gagasannya dalam bentuk karya tulis.

Beberapa hari yang lalu saya menerima keluhan dari anggota redaksi buletin Gesit. Beberapa artikel yang masuk ada yang hanya copas (copy paste) dari internet tanpa perubahan apalagi menyebutkan sumbernya. Ini pertanda yang kurang baik. Memang sudah seharusnya kalau mengambil informasi, berita maupun artikel seorang penulis menyebutkan sumbernya. Itu sudah lazim dilakukan sebagai penghargaan dan rasa terima kasih kepada penulis sebelumnya.

Gesit merupakan buletin sekolah. Oleh karena itu isinya sebagian besar merupakan berita atau artikel yang ada hubungannya dengan sekolah. Kalaupun ada artikel tentang luar sekolah dan sudah mendunia, boleh. Namun sangat diharapkan yang berhubungan dengan sekolah-lah yang diutamakan. Karya asli siswa berupa cerpen, puisi, humor maupun karikatur sudah banyak menghiasi halaman-halaman Gesit.

Pembaca Gesit sudah ada yang berpartisipasi aktif ikut menulis di Gesit. Namun ada juga yang hanya mengeluh-koq Gesit isinya hanya itu-itu saja, lebih bervariasi dong-. Jangan hanya mengeluh, mulailah berpartisipasi mengembangkan Gesit dengan menyuplai Gesit dengan karya terbaik anda. Dari sekitar 800 siswa sebagian besar hanya sebagai penikmat. Penikmat -biasanya- tahunya hanya menikmati, kalau ada yang tidak sesuai dengan seleranya dianggap tidak bagus. Kalau sepuluh persen dari jumlah siswa tersebut mau aktif menulis untuk Gesit, tentu isi Gesit akan semakin menarik dan penuh warna, dan Gesit tidak kekurangan bahan tulisan seperti yang terjadi selama ini. Dan tentu saja tidak diharapkan adanya tulisan yang hanya COPAS tadi.

Sebagai penunjang, sarana dan prasarana sekolah sudah cukup memadai bagi siswa untuk menambah ilmu dan pengetahuan. Hotspot sudah tersedia, sehingga tidak mengherankan kalau banyak siswa-siswi yang membawa laptop. Di perpustakaan ada 5 computer yang juga terkoneksi dengan jaringan internet, dan 1 computer khusus untuk mengelola perpustakaan. Ruang Osis dan Gesit juga dilengkapi computer yang juga terhubung dengan jaringan internet. Dan tentu masih ada banyak computer di Lab. computer maupun lab multimedia.

Seringkali kita mendengar adanya kesulitan untuk menuangkan ide bahkan ada yang bilang tidak punya ide untuk ditulis. Menulis memerlukan wawasan yang luas itu memang betul, tapi tidak harus. Untuk menambah wawasan perlu membaca, baik membaca buku, karya tulis dalam dunia maya maupun membaca kejadian yang ada di lingkuangannya. Kemudian keberanian untuk menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan. Semakin sering kita menulis akan semakin bermunculan ide yang ada untuk dituangkan dalam bentuk tulisan.

Satu hal yang perlu diingat bahwa dalam menulis, gunakan dalam bahasa yang standar, usahakan tidak menggunakan gaya penulisan yang Alay, yaitu gaya menulis yang dibuat-buat seperti biasa dilakukan dalam sms. Misalnya akan menulis teman-teman ya tulis saja dengan teman-teman. Jangan menulis kata tersebut dengan temen-temen, teman2, tman2.

Selamat berkarya dan terus berkarya. Percayalah, anda akan merasa tertantang untuk menulis lagi bila karya tulis anda dimuat dalam suatu media. Belum percaya?. Silakan mencoba.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: