Eko Hadi Prasetiyono

Maret 20, 2009

Jum’at, hari yang menyenangkan

Filed under: Uncategorized — ekohadip @ 10:42 +07:00

pagi-di-sanur1 Jum’at merupakan hari yang menyenangkan, betapa tidak, pada hari Jum’at waktu atau jam kerja lebih pendek. Lebih banyak waktu tambahan untuk beribadah. Rasanya tidak ada hari seperti ini selain hari Jum’at.

Pada hari Jum’at yang lalu ada salah seorang teman di facebook yang bertanya, mengapa saya suka dengan hari Jum’at. Saya jawab kalau saya suka dengan hari Jum’at karena ini kesempatan yang baik untuk bertemu dengan teman-teman dan saudara seiman. Ya, karena pada hari Jum’at umat islam khususnya yang lelaki diwajibkan untuk melakukan sholat Jum’at.

Semua tahu bahwa pada hari Jum’at, waktu berkumpul ini bisa dimanfaatkan untuk menjalin tali silaturahmi yang mungkin sempat terputus. Saya pernah punya pengalaman seperti ini. Setelah lulus sekolah semua teman bertebaran entah kemana tujuan mereka. Akhirnya ada dan banyak yang “hilang” dan putus hubungan. Namun tak disangka, suatu saat pada hari Jum’at. Kala mendengarkan khotbah, ada rasa ingin untuk menoleh. Mata tertuju pada sosok yang tinggi model rambut pernah saya kenal. Sepertinya ada yang menggerakkan orang itu menoleh. Saya senyum orang itu membalas dengan senyuman pula.

Setelah selesai sholat Jum’at, saya penasaran saya tunggu orang itu. Saya temui dan ternyata betul dia teman sekolah saya dulu. Alhamdulillah terjadi komunikasi kembali.

Inilah salah satu alasan kenapa saya suka hari Jum’at, selain melakukan ibadah juga bisa melakukan silaturahmi. Teman atau saudara yang jarang ketemu pada hari Jum’at ini bisa ketemu. Bisa bertegur sapa, saling memberi kabar keluarga masing-masing.

Semoga bermanfaat. Maaf maaf kalau ada yang kurang berkenan.

Blog di WordPress.com.