Eko Hadi Prasetiyono

Februari 18, 2009

Unik-kah Ini?

Filed under: Ide yang baru muncul — ekohadip @ 11:09 p

dscn55431 Pemimpin suatu instansi merupakan orang bertanggung jawab terhadap lembaga yang dipimpinnya. Jabatan ini tidak seumur hidup. Pada waktu-waktu tertentu akan terjadi pergeseran jabatan ataupun mutasi ke jenjang yang lebih tinggi.

Begitu juga dengan pimpinan di SMA Negeri 1 Pare. Hari ini di ruang serba guna, memang fungsinya berbagai macam, bisa untuk kelas, ruang pertemuan, pokoknya tergantung situasilah, diadakan serah terima jabatan. Kepala Sekolah yang lama Ibu Dra. Hj. Dewi Masitah menyerahkan ke pejabat Kepala Sekolah yang baru Bapak Drs. H. Sugiarto, M.M.

Serah terima jabatan ini didahului dengan serah terima jabatan di SMA Negeri 2 Pare, dimana Ibu Dra. Hj. Dewi Masitah sekarang menjabat sebagai Kepala Sekolah yang baru di sana.

Pergantian jabatan kali ini memang unik. Bagaimana tidak unik kalau kejadian pergantian jabatannya seperti ini. Dulu pada tahun 2005, Bapak Sukadi dari Kasubdin bergeser jabatan menjadi menjabat sebagai kepala Sekolah di SMA Negeri 2 Pare. Sedangkan Bapak Drs. Muh. Kardiyono M.M yang menjabat sebagai kepala SMA Negeri 1 Pare mutasi menggantikan posisi bapak Sukadi (yang akhirnya digantikan oleh bapak Drs. H Sugiarto). Sedangkan Ibu Dewi Masitah Dari SMA Negeri 1 Kandangan bergeser ke SMA negeri 1 Pare.

Naaah sekarang pada tahun 2009 ini terjadi lagi pergeseran/perputaran jabatan. Perputaran kali ini sama hampir sama dengan yang terjadi pada tahun 2005 dulu itu. Bapak Sugiharto dari Kasubdin berganti jabatan baru sebagai Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pare. Sedangkan Ibu Dewi Masitah berpindah ke SMA Negeri 2 Pare menggantikan bapak Sukadi yang kembali memangku jabatan yang dulu pernah ditinggalkan yaitu Kasubdin di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pemerintah Kabupaten kediri.

Saya katakan tadi pergeseran kali ini hampir sama (paragraf 5), karena memang tidak terjadi sama persis seperti pada tahun 2005. Pada tahun 2005 Kasubdin ke SMA Negeri 2 Pare, sedangkan tahun 2009 ini Kasubdin ke SMA Negeri 1 Pare. Sedangkan pergeseran yang lain (maaf tidak perlu saya tulis, saya yakin anda sudah paham) bisa disimak lagi pada uraian di atas.

Begitulah hidup, kita tidak bisa mengetahui sesuatu sebelum terjadi. Siapa yang akan mengira kalau terjadi pengulangan pada jabatan yang sama dalam waktu yang berbeda seperti di atas?. Salah satu pejabat tersebut di atas pun tidak tahu. Ibu Dewi Masitah kemarin bercerita, pernah tercetus ucapan bahwa beliau tidak akan mungkin menjabat sebagai Kepala Sekolah di SMA Negeri 2 Pare lagi. Ternyata Allah berkehendak lain, Manusia tidak bisa memutuskan takdir, beristighfar-lah bu Dewi Masitah ketika mendengar keputusan bahwa beliau menjabat sebagai kepala SMA Negeri 2 Pare.

Ah manusia memang punya rencana. Allah sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam mengambil segala keputusan, takdir. Oleh karena itu mari kita berhati-hati dalam segala hal. Kita berusaha berbuat yang terbaik dalam melakukan rencana dan pekerjaan. Kalau ada kegagalan kan masih ada baiknya.

Semoga bermanfaat. Maaf maaf kalau ada yang kurang berkenan.

1 Komentar »

  1. sedih sekali ketika upacara pelepasan saya tidak dapat hadir karna saya sakit…
    namun saya sangatberharap kepala sekolah yang baru dapat meneruskan visidan misi yang sudah B.Dewi laksanakan selama ini.

    i hope all the best for our school

    Komentar oleh cherry — Februari 28, 2009 @ 2:20 p | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: