Eko Hadi Prasetiyono

Januari 27, 2009

TIPS BERHENTI MEROKOK ALA SAYA

Filed under: Umum — ekohadip @ 10:47 p

Tips ini saya bagikan bagi yang sudah berniat untuk berhenti merokok. Sedangkan untuk yang belum mempunyai niat mari bersama berusaha berhenti. Demi kesehatan diri.

Sebelum memasuk tips yang mau saya sampaikan, berikut ini ada sedikit berita tentang diharamkannya rokok oleh MUI dan di sanggah oleh NU.

Dua hari kemarin di pulau seberang, Sumatra, tepatnya di Sumatra Barat berkumpul para Kyai kurang lebih sejumalah 800 kyai. Mereka berkumpul tidak hanya sekedar berkumpul, tetapi melakukan ijtima’ terhadap beberapa hal di yang terjadi di tanah air.
quit-smoking
Tadi pagi KH. Ma’ruf Amin Ketua MUI menyampaikan hasil ijtima di salah satu stasiun tv swasta yaitu di tvone. Beliau menyampaikan bahwa hasil ijtima’ para kyai menyepakati bahwa golput dan rokok hukumnya HARAM. Saya tidak akan menulis tentang haramnya golput. Saya hanya akan menulis tentang haramnya rokok. Namun HARAMnya rokok di sini tidak serta merta berlaku untuk semua orang muslim. HARAMnya rokok di sini berlaku khusus untuk anak-anak di bawah umur (tujuh belas tahun ke bawah), ibu hamil dan merokok di tempat umum.

Keputusan MUI ini sekaligus menegaskan bahwa pengurus MUI juga diharamkan merokok. Menurut KH. Ma’ruf Amin kalau ada pengurus MUI yang kedapatan atau masih merokok akan dikenai sanksi sesuai aturan yang berlaku di organisasi (MUI).

Walaupun MUI merupakan wadah berkumpul dan berpikirnya para Kyai, hasil ijtima’ tentang haramnya rokok ini tidak serta merta disetujui oleh organisasi islam Nahdhatul Ulama (NU). Ketua Umum PBNU KH. Hasyim Muzadi menyatakan bahwa rokok itu hukumnya makruh tidak sampai haram (Jawa Pos 27 Januari 2009).

Terlepas dari apa yang sudah menjadi keputusan MUI tersebut kita sebaiknya menyadari bahaya merokok tidak hanya merugikan bagi diri si perokok tetapi juga bagi lingkungan. Di sini akan saya tambahkan tentang keputusan saya untuk berhenti merokok salah satu pemicunya adalah adanya peniruan sikap seakan-akan merokok yang dilakukan oleh anak saya yang masih berumur dua tahun. Saya tidak ingin anak saya menjadi perokok seperti bapaknya (dulu – sekarang sudah berhenti).

Masalah berhenti atau tetap terus merokok sebenarnya tergantung pada diri masing-masing. Tidak ada hubungannya dengan keputusan MUI tentang haramnya rokok. Diharamkan atau tidak, kalau sudah mempunyai niat untuk berhenti (stop/quit) lakukan berhenti merokok. Anda canangkan mulai kapan, besok atau tanggal 1 Februari 2009 misalnya. Usahakan rokok anda sudah SUDAH HARUS HABIS Sesaat sebelum memasuki waktu yang sudah anda tentukan. Setelah wudlu mau beranjak tidur (ini untuk yang beragama islam dan terbiasa wudlu sebelum tidur). Pada saat terlentang Pejamkan mata berdoa dan katakan pada diri anda dengan penuh kesungguhan (cukup dalam hati) Saya mulai besok atau tanggal 1 Februari 2009 tidak akan merokok lagi, saya ingin hidup lebih baik. Ulangi beberapa kali sampai tertidur kalau perlu.

Itulah tips yang pernah saya lakukan untuk berhenti merokok. Usahakan untuk tidak mencari pelampiasan dengan mengkonsumsi premen (manisan). Biarkan ada sedikit gangguan pada kebiasaan. Kalau ada keinginan yang kuat untuk merokok abaikan saja. Ingatkan diri anda ‘saya tidak akan mrokok lagi’. Katakan pada diri anda, ketika puasa saya bisa menahan untuk tidak merokok. Sekarang harus bisa berhenti merokok – harus bisa berhenti merokok. Bisa!

Keinginan untuk merokok paling kuat hanya satu dua minggu di awal anda berhenti merokok. Sadarkan terus diri anda untuk berhenti merokok. Selamat mencoba tips ala saya ini. Semoga berhasil. Dan usahakan untuk berhasil.

Semoga bermanfaat. Maaf maaf kalau ada yang kurang berkenan.

2 Komentar »

  1. Semoga banyak yang menirunya, pak.. sebel juga liat orang ngrokok gak liat2 situasi.

    Komentar oleh Rofiul Hadi — Januari 29, 2009 @ 12:37 p | Balas

    • Oiya tentu dong bang Piul. Semoga semua tulisan yang ada di sini bermanfaat. Thanks for your visit and comments.

      Komentar oleh ekohadip — Januari 30, 2009 @ 9:02 p | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: