Eko Hadi Prasetiyono

Januari 16, 2009

Waktu ya Sekarang

Filed under: Uncategorized — ekohadip @ 9:56 p

alamku Sebagaimana banyak diketahui kita punya waktu. Kalau kita mau sedikit berpikir, waktu yang sebenarnya sepertinya tidak ada. Waktu hanyalah sebuah angan-angan. Tadi, kemarin, tahun lalu juga merupakan angan-angan. Angan-angan yang sudah pernah dilalui, ini merupakan hal yang sudah terekam dalam ingatan (memory). Masa yang akan datang juga merupakan angan-angan yang masih belum terlaksana masih merupakan suatu rencana (a plan) atau suatu bayangan (a fantacy). Pada masa sekaranglah semuanya berada. Ya bisa seperti itu, karena kita berada pada masa sekarang.

Kita bayangkan saja diri kita, kalau boleh dikatakan kita berandai-andai saja. Begini, kalau kita hidup pada masa lalu berarti kita sudah menjadi sejarah. Kita sudah menjadi peradaban masa lalu dan kita dipelajari oleh manusia yang hidup pada masa sekarang. Kalau kita dulu baik kita menjadi cerita yang baik. Banyak yang mengagumi atau mengidolakan. Setidaknya, sedikit atau banyak kita akan menjadi contoh dalam kebaikan. Sebaliknya, Kalau kita duly pernah berbuat tidak baik, jadilah kita orang yang menjadi tokoh antagonis dalam drama kehidupan. Jadilah kita figur yang tidak disenangi dalam kehidupan masa sekarang. (Semoga kita tidak termasuk golongan yang kedua ini).

Mari kita berpikir atau merenung sejenak dan kita hubungkan diri kita dengan keadaan sekarang. Dimanapun, hal yang berharga terasa ada pada masa sekarang. Semua hal kita lihat menawan, menarik juga terjadi pada masa sekarang.

Perlu kita ingat, semua pengalaman entah itu menyenangkan atau menyedihkan dan merupakan hal yang besar dalam hidup kita, semua pengalaman itu terjadi pada “masa sekarang”nya pada saat itu. Oleh sebab inilah masa sekarang merupakan pelaksanaan demi masa depan (today is practice for tomorrow).
Sistem syaraf selalu berfikir SEKARANG.

Jadi bagaimana, sudahkah anda mengenal lebih dekat dengan SEKARANG? Kalau kita mau lebih jujur pada diri sendiri. Sebagian besar rasa takut sebenarnya berada pada masa lalu dan masa yang akan datang. Seperti yang sudah terungkap di atas, karena masa lalu dan masa akan datang sebenarnya tidak ada. Maka kita tidak perlu takut. Tidak ada yang perlu kita takutkan. Waktu yang ada hanya sekarang.

Karena yang ada hanya waktu sekarang, mari berbuat baik untuk masa depan.

Semoga bermanfaat. Maaf maaf kalau ada yang kurang berkenan.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: