Eko Hadi Prasetiyono

Januari 14, 2009

Belajar Yuu!

Filed under: Umum — ekohadip @ 3:34 p

img_0039 Kalau hari-hari biasa tidak terasa, namun kalau seperti hari-hari ini sangat terasa. Mungkin anda agak sedikit bingung, apa maunya kalimat itu. Tidak apa-apa. Memang sedikit agak membingungkan, tapi sebentar lagi anda akan tahu maksudnya.

Manusia mempunyai banyak kesulitan atau kekurangan tepatnya. Kesulitan atau kekurangan itu tidak akan terasa dan diketahui kalau sedang tidak menghadapi kekurangan atau kesulitan itu. Sebagaimana sudah lazim diketahui, kalau ada sebagian besar dari kita sudah merasa tahu terhadap sesuatu. Padahal belum tentu tahu, kalau toh sudah mengetahui mungkin hanya sedikit saja alias hanya tahu kulitnya.

Sebagai contoh nyata, saat ini banyak sekali siswa yang kurang mau belajar. Banyak alasan yang digunakan untuk tidak belajar. Sudah belajar walau sebentar sudah mengerti semua materi yang dipelajari. Ada yang mempunyai alasan lain, belajar tidak perlu, selama waktu pembelajaran bisa mengikuti dengan baik, akan bisa menangkap materi pelajaran. Sehingga waktu ada ulangan masih bisa mengerjakan dengan baik. Faktanya, tidak sedikit bapak-ibu guru yang mengeluh jeleknya hasil ulangan siswa. Inni salah satu indikasi bahwa siswa sudah merasa tahu banyak namun faktanya masih belum tahu seperti apa yang mereka dirasakan. Mereka merasa sudah tahu dan mampu namun ternyata keliru.

“Manusia kalau keliru ya sudah lumrah to” mungkin ada yang menyanggah seperti itu. Benar, yang saya maksud dalam menulis ini bukan untuk menyepelekan kodrat manusia yang salah atau keliru atau apapun. Saya menulis ini untuk mengingatkan diri saya sendiri, kalau manusia itu sangat tidak mempunyai apa-apa, baik harta maupun kemampuan tanpa pertolongan Allah, baik langsung maupun tidak langsung.

Kembali ke pokok permasalahan tadi (paragraf dua). Kita hanya tahu sedikit. Saya punya pengalaman. Mungkin ini juga pernah terjadi pada anda. Mungkin tempat dan situasinya yang berbeda. Begini, saya sudah bisa mengoperasikan komputer sudah cukup lama. Kalau lima belas tahun saja ada. Saya sudah mengenal beberapa program aplikasi. Salah satunya excel. Saya tidak pernah mengalami kesulitan dengan excel ketika saya tidak berhadapan dengan permasalahan yang berhubungan dengan excel. Lebih tepatnnya saya baru punya permasalahan dengan excel ketika saya menjalankan program ini. Jujur saja, saya dalam beberapa hari ini menggunakan excel untuk mengolah nilai para siswa. Sebelum menggunakan excel, saya tidak menemukan kesulitan dengan excel. Namun begitu menjalankan program ini, satu demi satu kesulitan mulai nampak. Kesulitan yang dulu sudah pernah terpecahkan, kali ini muncul lagi. Bisa terpecahkan sendiri maupun harus menunggu bantuan dari teman-teman yang lebih mengerti.

Itulah manusia, kadang tahu sedikit sudah merasa tahu lebih banyak. Ya berbekal dua fakta yang sudah tersampaikan tadi, marilah kita renungkan, kita rubah diri kita. Mari bersama-sama berubah menuju ke arah kebaikan. Marilah bersama-sama kita belajar. Kita sadarkan diri kita. Kita belum banyak tahu tapi sudah merasa tahu lebih banyak.

Ah betapa sombongnya kita. Astaghfirullahaladziim. Semoga Allah mengampuni kita. Mari bersama-sama belajar belajar belajar dan terus belajar.

Semoga bermanfaat. Maaf maaf kalau ada yang kurang berkenan.

5 Komentar »

  1. Kalau tidak terus diulang, pasti lupa. Nggak diulang saja bisa lupa, apalagi nggak diulang..lebih lupa lagi😀

    Komentar oleh Rofiul Hadi — Januari 16, 2009 @ 5:50 p | Balas

    • Perlu diingat juga Practice makes perfect

      Komentar oleh ekohadip — Januari 16, 2009 @ 8:23 p | Balas

  2. Hi….MR.EKO!!!
    my name NaRLin. I’m Alumnus 2008
    DO You remember me???
    I want to study english with you again!!!

    Sekarang B.Inggrisku masih gratul-gratul Pak,,,:D
    Setelah saya baca “Belajar Yuu!”,saya sadar bahwa apa yang saya peroleh masih sedikit sekali!
    Saya ingin terus Belajar dan Belajar!

    Komentar oleh ELYN — Februari 10, 2009 @ 9:22 p | Balas

    • Great to see you again. Keep on studying. Honey

      Komentar oleh ekohadip — Februari 10, 2009 @ 9:27 p | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Blog di WordPress.com.

