Eko Hadi Prasetiyono

Desember 29, 2008

Ada Apa Dengan Tahun Baru?

Filed under: Umum — ekohadip @ 10:38 p

image076 Hari ini Tanggal 29 Desember 2008 bertepatan dengan 1 Muharam 1430 Hijriah yang merupakan Tahun Baru Islam. Tahun Baru Islam ini juga bertepatan pula dengan 1 Sura 1942 yang merupakan tahun baru pada kalender tahun Jawa.

Pada Tahun Baru Islam perayaan yang dilakukan oleh umat islam sangat berbeda dengan perayaan tahun baru masehi. Umat Islam dalam merayakan Tahun Baru Hijriah dengan melakukan tafakur dan berdzikir serta kegiatan-kegiatan lain. Pada intinya perayaan tahun baru bersyukur dengan apa yang sudah diberikan Allah kepada umatnya, serta mendekatkan diri kepada Allah dan mengharapkan dalam do’a semoga pada tahun-tahun yang akan datang semakin baik dalam segala hal.

Pada awal tahun baru islam kali ini kita patut untuk ikut bersedih dengan adanya berita pembantaian/pemboman warga Palestina oleh Israel. Semoga pembantaian ini segera berakhir dan Israel disadarkan oleh Allah, sehingga tidak akan mengulang perbuatan terkutuknya. Sehingga pihak-pihak yang berseteru segera mengadakan gencatan senjata. Semoga perdamaian dunia, dimanapun, tidak hanya di Timur Tengah akan segera tercapai. Kalau dunia ini damai kita akan bisa merasakan betapa nikmatnya hidup dengan penuh kedamaian. Semoga perdamaian segera terwujud.

Ini sangat berbeda dengan perayaan tahun baru masehi yang lebih bersifat umum, dalam merayakan tahun baru cenderung mengadakan pesta pora yang bersifat hura-hura, banyak melakukan pemborosan. Kita masih menemukan adanya do’a pada pergantian tahun, namun lebih banyak bersifat ceremonial saja. Lebih banyak yang berhura-hura daripada berdo’a.

Kita bisa mencermati dari adanya iklan yang menawarkan berbagai acara pesta penyambutan datangnya tahun baru. Ada dan maraknya penjualan aneka bentuk terompet untuk ditiup pada detik-detik pergantian tahun. Harga yang terompet yang melambung tinggi menjelang pergantian tahun. Jauh melampaui harga normal. Semoga menjadi waktu keberuntungan bagi pembuat dan penjual terompet.

Berbeda lagi dengan Tahun Baru Jawa. Pada perayaan malam Satu Sura, orang jawa sering menyebut begitu dari pada tahun baru, orang jawa pada umumnya dan lebih khusus yang masih mempertahankan tradisi jawa mengadakan upacara penyambutan tahun baru dengan upacara-upacara khusus. Upacara yang dilakukan sesuai dengan kepercayaan atau tradisi yang biasa diikuti. Ada upacara penyucian benda-benda pusaka, pagelaran wayang, larung sesaji dan masih banyak lagi macamnya.

Berbeda lagi dengan tahun baru Imlek, tahun baru China, ini merupakan kalender khusus dari China. Kebetulan tahun baru Imlek tahun ini akan jatuh pada tanggal 29 Januari 2009. Tahun baru ini biasanya dirayakan oleh mereka yang masih mempunyai darah China, walaupun masyarakat awam sekarang sudah mulai banyak yang mengenal dan ikut merayakan tahun baru ini.

Perbedaan tahun baru menunjukkan perkembangan ilmu pengetahuan dan ini merupakan rahmat Allah. Perhitungan tahun ada berdasarkan perputaran matahari ada pula yang berdasarkan perputaran bulan. Karena dasar yang digunakan berbeda maka ada perbedaan perhitungan. Bukankah perbedaan merupakan rahmat dan nikmat Allah?. Kita patut bersyukur dengan adanya perbedaan. Kita sikapi perbedaan dengan bijak. Betapa banyak nikmat yang diberikan Allah kepada kita.

Pada Tahun Baru ini kita renungkan apa yang sudah lakukan. Kita cermati apa kita sudah melakukan hal terbaik yang bisa kita lakukan atau kita hanya mengerjakan semau kita. Mari kita koreksi diri kita masing-masing. Melakukan koreksi yang saya maksudkan di sini, melihat kekurangan kita secara jujur dan mau melakukan perbaikan diri. Kita tidak usah sibuk mencari-cari kekurangan orang lain. Kita belum tentu lebih baik dari orang lain.

Akhirnya mari kita berdoa. Ya Allah ampunilah segala kekurangan serta dosa yang sudah kami lakukan, baik yang kami sengaja maupun yang tidak kami sengaja. Ya Allah tunjukkanlah kepada kami jalan yang benar, jalan yang lurus, jalan yang Engkau ridhai. Tetapkan dan teguhkanlah Iman dan Islam kami. Jadikan kami umatMu yang pandai dan selalu bersyukur atas nikmat yang Engkau berikan. Lindungilah kami dalam setiap langkah dan gerak kami. Ya Allah berikan kepada kami jalan dan nikmat yang lebih baik dari tahun-tahun lalu. Amiin. (Do’a bisa anda tambah atau anda sesuaikan dengan apa yang ada di benak anda).

Selamat TAHUN BARU. Mari berHijrah menuju kebaikan. Maaf maaf kalau ada yang kurang berkenan.

2 Komentar »

  1. Selamat Tahun baru pak Eko. Semoga Tahun 2009 membawa kesejahteraan dan Kedamaian bagi Umat manusia.
    http://kidispur.blogspot.com/

    Komentar oleh sidik — Januari 2, 2009 @ 11:15 p | Balas

    • May God Bless Us. Amiin.

      Komentar oleh ekohadip — Januari 3, 2009 @ 7:53 p | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: