Eko Hadi Prasetiyono

Desember 27, 2008

Akhir 2008 Menjelang 2009

Filed under: Umum — ekohadip @ 11:32 p

terbang-bmenggapai-citaHari ini sabtu 27  Desember 2008. Ini menunjukkan bahwa tahun 2008 hampir berakhir. Tinggal beberapa hari lagi akan berakhir.

Di Sabtu terakhir tahun 2008 ini, di SMA negeri 1 Pare, para siswa dan dewan guru mengadakan acara istighosah bersama. Acara ini diadakan untuk lebih memperhatikan/melihat apa yang sudah dilaksanakan dan apakah sesuai dengan program yang sudah direncanakan atau belum.  Ini merupakan refleksi diri selama setahun.

Acara ini diawali dengan sholat dzuha dan dilanjutkan dengan istighosah dan berlanjut dengan ceramah yang berisi dengan doa dan refleksi diri dan persiapan ke arah masa depan. Ceramah ini dipresentasikan oleh ustadz yang muda, ustd Yahya dari Malang. Di dalam memberikan ceramah dan perenungan diri ini, Ustadz sangat creative karena memberikannya tidak monoton dengan ceramah. Akan tetapi  ceramah dan perenungan ini menggunakan ilustrasi musik, dan iringan sholawat. Sehingga ceramah ini nampak syahdu untuk dinikmati serta lebih merasuk ke sanubari.

Perenungan diri di akhir tahun ini sangat berarti untuk memberikan nuansa hati untuk lebih siap untuk menerima kelebihan dan kekurangan diri. Kalau ada kelebihan diri selayaknya patut untuk disyukuri namun jangan sampai membawa diri ke arah menyombongkan diri. Kita tidak punya apa-apa tanpa Allah memberikan kenikmatan dan kelebihan diri itu.

Sedangakan kalau ada kekurangan diri, bagaimana kita memanage (mengatur) kekurangan itu menjadi kelebihan diri. Guna memotivasi diri. Jangan hanya menyerah karena kekurangan, gunakan kekurangan sebagai pemacu diri untuk lebih baik. Karena banyak orang yang mempunyai kekurangan, namun begitu menyadari kekurangannya mereka gunakan kekurangan itu sebagai pemicu motivasi, dan banyak yang berhasil.

Sebagai contoh Seorang Ramadtya, maaf, dia tidak bisa melihat dengan sempurna. Namun dia bisa sekolah di sekolah umum dan sekarang sebagai seorang jurnalis dan teknisi computer serta programmer music. Walaupun cacat mata yang dia derita masih ada. Dia bangga dan kita seharusnya  bisa mempunyai semangat seperti dia.

Adalagi Kumendan Sugeng (dia menyebut dirinya kumendan bukan komandan karena memang warga sipil).   Dia Kumendan karena mempunyai anak buah yang membantu dia membuat kaki palsu. Sang kumendan ini memang pernah bercita-cita untuk menjadi anggota militer, karena kecelakaan yang pernah terjadi pada dirinya dan membuat dia cacat pada kakinya, cita-citanya pupus.  Di awal dia menderita cacat kaki itu dia hampir putus asa. Akhirnya dengan perenungan yang mendalam akhirnya dia bangkit. Dia mendirikan bingkil untuk membuat kaki palsu. Kalau dia melihat orang yang putus asa karena cacat yang di derita, Kumendan Sugeng tidak segan memarahinya. Ini dia lakukan untuk menumbuhkan semangat hidup dia. Saat ini Kumendan Sugeng yang tinggal di Mojokerto ini mendapat job membuat seribu kaki palsu untuk diberikan kepada yang tidak mampu.

Kedua cerita di atas (dan masih banyak lagi yang lain) saya saksikan di acara kickandy di metro tv.  Arsip file acara ini bisa dilihat di http://www.kickandy.com. Kickandy  ini acara tv yang menjadi  favorit saya. Banyak info yang tidak bisa didapat dari acara lain.

Semoga akhir dua ribu delapan ini menjadi tonggak bagi kita untuk lebih maju, bersemangat dan bermanfaat di masa yang akan datang.

Maaf maaf kalau ada yang kurang berkenan. Selamat Tahun Baru Baik Hijriah maupun Masehi serta Imlek.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: