Eko Hadi Prasetiyono

Desember 13, 2008

Malas dan Semangat

Filed under: Umum — ekohadip @ 10:08 p

Rasanya waktu semakin sempit saja. Banyak aktivitas yang perlu kujalani. Kesibukan dengan aktivitas membuat saya agak sedikit kedodoran untuk menulis di sini. Tidak apa, yang penting masih punya kemauan untuk menulis. Tidak malas. Sebenarnya kemalasan itu juga tercipta oleh diri kita sendiri.

terataine-deweKenapa saya bilang kemalasan tercipta oleh diri kita sendiri?. Ya, malas dan semangat pada dasarnya hanya sedikit sekali perbedaan waktunya. Tinggal bagaimana kita mengatur diri kita. Lagi pula malas dan semangat pasti terjadi pada kita. Kalau lagi malas berarti tidak semangat, begitu pula sebaliknya, ketika semangat berarti tidak malas. Perasaan malas kalau dibiarkan membuat kita terus merasa malas. Tidak ada semangat untuk melakukan sesuatu. Adanya hanya ingin istirahat. Padahal saat itu kita tidak melakukan aktivitas yang perlu banyak tenaga dan pikiran. Enggan melakukan ini, enggan pula melakukan yang itu. Adanya ingin duduk-duduk, menonton acara tv walaupun kadang tidak bisa menikmati acara itu. Bahkan ada kalanya ingin tidur seharian.

Kalau malas sudah mendera, kita harus bangkit. Tumbuhkan semangat diri. Lha terus bagaimana caranya kalau sudah malas begitu rasanya enggan melakukan sesuatu.
Ketika semangat sudah tumbah tertindih oleh kemalasan, kita ingatkan diri kita. Kita ajak bangun semangat itu. Kalau masih belum mau bangun, kita paksa. Ayo semangat!
Mudah dibicarakan belum tentu mudah dilaksanakan. Itu betul, sangat betul.

Terus bagaimana? Kita ingatkan diri kita, semangat perlu ditumbuhkan. Setiap hari kita mandi bisa dua atau tiga kali. Setelah mandi kita beraktivitas dan berkeringat membuat badan terasa kotor ya mandi lagi. Setiap hari kita makan, setelah makan terasa kenyang. Beberapa saat kemudian lapar lagi. Begitu juga dengan semangat diri. Semangat tiba-tiba muncul, dan kita bisa melakukan aktvitas dengan menggebu-gebu. Beberapa saat kemudian, malas muncul. Adanya malas malas dan malas. Kalau sudah begini, Semangat tidak boleh kalah oleh kemalasan. Tumbuhkan terus semangat pada diri. Bantuan motivasi dari orang lain belum tentu bisa menumbuhkan semangat diri, kalau diri sendiri, nglokro, pasrah.

Ingat! Semangat bisa berganti dengan kemalasan. Kita harus mengusahakan semangat terus berkembang dan mengakar pada diri sendiri. Kalau malas lagi mendera, kita usir dia dengan semangat diri. Lapar datang makan yang kita lakukan. Begitu juga ketika kemalasan datang, kita bangkitkan semangat diri. Semangat semangat dan semangat.

Semoga bermanfaat. Maaf maaf kalau ada yang tidak berkenan.

5 Komentar »

  1. Selamat berjuang pak. Semoga dapat mengalahkan kegelapan menuju kecerahan.

    Komentar oleh sidik — Desember 16, 2008 @ 6:02 p | Balas

    • Okay Bos, terima kasih sudah berkunjung ke sini. Menambah semangat !!

      Komentar oleh ekohadip — Desember 16, 2008 @ 12:04 p | Balas

    • Okay Boss, terima kasih sudah berkunjung ke sini. Menambah semangat!!!

      Komentar oleh ekohadip — Desember 16, 2008 @ 12:10 p | Balas

  2. Kalau minggu lihat acara Mario Teguh Golden Ways, pak. Itu bisa menjadi motivasi yang bagus untuk kembali bekerja seminggu kemudian. Saya sudah membuktikannya.. hehehe.. Selamat mencoba.

    Komentar oleh rofiul — Desember 23, 2008 @ 11:12 p | Balas

    • Bisa tambah referensi nih, thanks

      Komentar oleh ekohadip — Desember 23, 2008 @ 12:05 p | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: