Eko Hadi Prasetiyono

November 17, 2008

Galau

Filed under: Ide yang baru muncul — ekohadip @ 10:20 p

Saya tidak bisa memutuskan untuk memakai judul tulisan ini apa. Ingat suatu ungkapan dari Shakespeare ‘What’s a name’ apalah arti sebuah nama.  Kiranya pantas saya memakai judul ini untuk tulisan ini.
Ada seorang kawan yang sedang menyusun skripsi. Dia merasa ada kebingungan dalam menyelesaikan skripsinya. Ada beberapa pertanyaan yang dikemukakan kepada saya.  Karena ada beberapa hal yang sekiranya tidak saya kuasai betul, jadi saya sarankan untuk bertanya kepada kolega yang lain. Dia menurut saya kolega tadi lebih menguasai permasalahan yang menjadi beban pikiran kawan tadi.

Mengerjakan tugas akhir, skripsi, memang sangat menegangkan. Kita harus mengeluarkan segala kemampuan baik ilmu yang sudah dipelajari maupun biaya untuk penelitian.

Di dalam melaksanakan penyelesaian tugas akhir, kita kadang merasa diburu waktu, harus segera selesai. Kadang juga ada yang merasa bingung harus memulai dari mana. Jadi  tidak segera bertindak untuk melangkah menuju penyelesaian.

Kalau kita sudah mempunyai rencana untuk menyelesaikan tugas akhir, ya sebaiknya kita selesaikan sesuai rencana. Kalaulah mengalami molor ya jangan lama-lama. Sebelum melaksanakan penelitian biasanya harus membuat proposal penelitian lebih dulu. Proposal bila sudah disetujui oleh Fakultas atau Jurusan kita bisa melangkah untuk melaksanakan penelitian sebagai dasar membuat skripsi (thesis).

Saya tidak akan membahas penyelesaian tugas akhir lebih jauh. Dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan apa yang ada di benak saya.

Selama saya mempunyai blog ini, saya sudah mendapat dua kawan yang mempunyai permasalahan dengan skripsinya. Saya berusaha untuk membantu kedua kawan saya ini. Kawan yang saya dapatkan dari blog saya ini.  Permasalahan yang dihadapi berbeda. Kawan yang pertama menghadapi permasalahan yang berhubungan penilaian kepada siswa. Sedangkan kawan yang kedua menghadapi permasalahan dengan tata bahasa (English grammar ) yang ditelitinya.

Saya akan berusaha membantu keduanya. Meskipun saya belum tentu bisa memuaskan mereka. Pada minggu-minggu ini di tempat kami mengajar sedang diadakan Ulangan Tengah Semester (UTS). Jadi saya sebagai bagian dari sekolah ya mempunyai kewajiban untuk melaksanakan UTS. Untuk UTSnya sendiri tidak begitu berat, yang agak berat itu melaksanakan koreksinya. Bagaimana tidak berat, lha wong saya mengajar lima kelas. Kelima kelas yang saya ajar termasuk kelas gemuk. Masing-masing kelas terisi rata-rata empat puluh empat siswa. Bisa anda bayangkan berapa jumlah lembar jawaban yang harus saya koreksi.
Melihat apa yang sudah sampaikan di atas, tidak salah kiranya kalau saya memberi judul dengan galau. Kenapa? Ya karena ada kegalauan dalam benak saya, bisakah saya membantu kedua kawan baru saya itu?
Semoga.

Semoga ada manfaatnya. Maaf maaf kalau ada yang kurang berkenan.

2 Komentar »

  1. pak eko, ijin linknya saya taruh di web smansa

    Komentar oleh Pak Guru — November 17, 2008 @ 6:08 p | Balas

  2. baru tahu kalau bang piul ijin mentautkan blog saya, oakley bang. Semoga bermanfaat.

    Komentar oleh ekohadip — November 18, 2008 @ 8:49 p | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: