Eko Hadi Prasetiyono

November 8, 2008

Belajar Memahami

Filed under: Ide yang baru muncul — ekohadip @ 12:49 p

Hari rasanya banyak pekerjaan yang melibatkan banyak orang.   Bekerja dengan banyak orang membutuhkan pemahaman dan pengertian tersendiri.

Melakukan pekerjaan, bisa dilakukan sendiri atau perlu kerjasama dengan orang lain. Pekerjaan yang bisa dilakukan sendiri tanpa kerjasama dengan orang lain ya menulis seperti saat ini. Namun kadang ada juga pekerjaan yang seharusnya bisa dilakukan sendiri sesuai dengan tugasnya masing-masing, pekerjaan itu tidak dilakukan karena malas.

Sebagai contoh, ada seseorang yang sudah diberi tugas untuk membersihkan suatu ruangan. Tugas dia ya membersihkan ruangan itu. Namun pekerjaan itu tidak dilakukan dengan baik.  Tadi jam 23.00 telepon di rumah berdering. (S) mengagetkan kami sekeluarga. Bagaimana tidak, jam SEBELAS MALAM (S) telepon ke rumah. Dia,  ya si (S) ini ingin membersihkan lantai perpustakaan, namun dia tidak memegang kunci perpustakaan. Memang di tempat kami hanya orang tertentu yang diberi kuasa untuk memegang kunci perpustakaan. Tidak ingin terjadi penggelapan koleksi perpustakaan.

Kembali ke masalah si (S) tadi. Sebenarnya dia sudah sering diingatkan untuk membersihkan lantai pada sore hari. Seperti tadi sore, sudah saya ingatkan untuk membersihkan lantai perpustakaan. Dia hanya menjawab “Nggih” artinya iya. Namun tidak segera membersihkan.  Bahkan dia diam saja, tidak meminjam kunci. Dia mengerjakan pekerjaan lain. Saya biarkan memang- saya tidak memaksanya untuk membersihkan lantai. Saya menunggu kesadaran dia untuk membersihkan lantai.

Nah setelah menunggu dalam waktu yang cukup lama, akhirnya kesadaran dia untuk bersih-bersih muncul. Ya mungkin dia sudah sadar akan tugasnya untuk bersih-bersih. Walaupun agak terlambat.

Dalam keadaan yang sudah cukup payah dan agak ngantuk, begitu mendapat telepon kalau si (S) akan bersih-bersih perpustakaan, saya berangkat ke kantor.  Si (s) sudah menunggu di gerbang kantor. Saya langsung membukakan pintu perpustakaan. Si (S) juga langsung bersih-bersih.

Sementara si bersih-bersih lantai perpustakaan, saya mengisi waktu saya dengan utak-utik blog ini. Ada manfaatnya juga si (S) menelepon ke rumah. Saya bisa mengisi blog saya ini dengan tulisan yang sedang anda baca ini.

Begitulah kiranya, kita kadang harus mengerti dan memahami cara berpikir dan bekerja orang lain. Ambil hikmahnya, begitu orang-orang bijak sering bilang.

Sudahlah, sudah mulai mengantuk saya. Saya tutup tulisan saya ini.

Semoga ada manfaatnya.

Maaf maaf kalau ada yang tidak berkenan.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Blog di WordPress.com.

