Eko Hadi Prasetiyono

Oktober 25, 2008

Buah Mangga

Filed under: Ide yang baru muncul — ekohadip @ 3:22 p

Buah mangga manis rasanya?.

Ya, mangga memang manis rasanya. Mangga juga ada yang bikin orang ketagihan, ini masih dilihat dari namanya lho. Kita tahu ada mangga manalagi. Iya kan baru melihat namanya sudah jelas ketagihan. ManaLagi?.

Buah mangga ini memang manis rasanya. Belum masak atau yang masih setengah masak, di bagian luar agak keras. Begiru sampai bagian daging buah yang agak dalam – semakin manis rasanya.  Namun ada yjuga yang kurang suka dengan mangga jenis ini, yang bagian dalam seperti busuk. Nah ini menyangkut selera.

Ada mangga yang tidak perlu beli. Buah mangga jenis ini bentuknya agak panjang. Mangga golek namanya. Golek merupakan bahasa jawa yang berarti mencari. Kalau buah mangga golek berarti tidak usah membeli. Cukup hanya dengan mencari. Soal rasa, jangan ditanyakan. Mangga ini cukup manis.

Masih banyak jenis-jenis mangga lain, namun ada satu jenis mangga yang mempunyai daya tarik tersendiri. Buah mangga podhang. Buah mangga ini setahu saya merupakan buah mangga yang khas dari daerah Banyakan Kediri. Meskipun bisa ditemui di daerah lain yang berada di lingkungan  Kediri, namun tidak sebanyak dan semenarik buah mangga podhang yang tumbuh dan berkembang di daerah Banyakan.

Mangga kepodhang ini bentuknya menarik. Oval namun di bagian ujung buah agak lancip dibanding dengan bagian pangkal. Warnanya ketika masih muda sama dengan buah mangga yang lain berwarna hijau. Semakin masak, warna hijau berubah menjadi kuning kemerah-merahan. Ketika masih muda rasanya asam, sangat asam bahkan. Banyak yang tidak tahan makan buah mangga jenis ini ketika masih muda. Oleh karena rasa asamnya yang tajam tersebut, buah mangga ini menjadi rasa pemuas ibu-ibu yang hamil muda dan ngidam.

Buah mangga podhang tidak hanya warnanya yang menarik perhatian. Ketika masak buah mangga podhang rasanya sangat jauh berlawanan dengan ketika masih muda. Rasanya sangat manis, manisnya ada yang beda dengan mangga-mangga yang lain. Rasa manisnya khas. Sayang, rasa tidak bisa digambarkan dengan mudah dengan kata-kata.  Sehingga sulit menggambarkan kekhasan rasa manis buah mangga podhang.

Pada saat ini musim panen buah mangga podhang. Kalau pembaca berkelana kota di daerah Kediri, anda akan menemui banyak penjual buah mangga podhang. Baik itu di kios-kios buah maupun yang obrokan. Buah mangga dengan ukuran sedang dan warnanya kuning kemerahan, itulah buah mangga podhang.

Ada banyak jenis buah, kenapa saya menulis buah mangga? Pagi ini ada teman membawa buah mangga, walaupun bukan manggga podhang, ke kantor. Ini menjadi inspirasi saya untuk menulis dan sebagai rasa terima kasih saya kepada teman tersebut. Walaupun belum tentu kolega tadi membaca tulisan saya ini.

Semoga bermanfaat, maaf maaf kalau ada yang kurang berkenan. Selamat berakhir pekan semoga segalanya lancar dan diridhai Allah. Amiin.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: